Selasa, 01 November 2011

PENTINGNYA PERAWATAN PAYUDARA PASCA MELAHIRKAN

Perawatan payudara

Perawatan payudara bisa dilakukan sebelum melahirkan. Tujuannya adalah memperlancar pengeluaran asi. Untuk pasca persalinan, lakukan sedini mungkin, yaitu 1 sampai 2 hari dan dilakukan 2 kali sehari. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Siapkan alat dan bahan berikut : minyak kelapa, gelas susu, air panas dan dingin dalam baskom kecil, handuk kecil, dan handuk bersih.
  2. Lakukan pengurutan payudara sebagai berikut :
    Licinkan tangan dengan minyak
  1. Pengurutan pertama
    • Licinkan kedua tangan dengan minyak.
    • Tempatkan kedua tangan di antara payudara.
    • Pengurutan dilakukan dimulai ke arah atas, lalu telapak tangan kanan ke arah sisi kiri dan telapak kanan ke arah sisi kanan.
    • Lakukan terus pengurutan ke bawah dan samping, selanjutnya pengurutan melintang.
    • Ulangi masing-masing 20-30 gerakan untuk tiap payudara
  2. Pengurutan kedua

    Sokong payudara kiri dengan tangan kiri, kemudian dua atau tiga jari tangan kanan membuat gerakan memutar sambil menekan mulai dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu. Lakukan 2 gerakan tiap payudara bergantian.
  3. Pengurutan ketiga
    Sokong payudara kiri dengan satu tangan sedang tangan lainnya mengurut dengan sisi kelingking dari arah tepi ke arah puting susu. Lakukan sekitar 30 kali.
  4. Pengompresan

    Kompres payudara dengan handuk kecil hangat selama 2 menit, lalu ganti dengan kompres air dingin. Kompres bergantian selama 3 kali dan akhiri dengan kompres air hangat.
  5. Pengosongan Asi
    Pengosongan ini dimaksudkan untuk mencegah pembendungan asi.
    1. Keluarkan air susu dengan meletakkan ibu jari dan telunjuk kira-kira 2 sampai 3 cm dari puting susu dan tampung asi yang keluar.
    2. Tekan payudara ke arah dada dan perhatikan agar jari-jari jangan diregangkan. Angkat payudara yang agak besar dahulu lalu tekan ke arah dada.
    3. Gerakkan ibu jari dan telunjuk ke arah puting susu untuk menekan dan mengosongkan tempat penampungan susu pada payudara tanpa rasa sakit.
    4. Ulangi untuk masing-masing payudara.

    HUB : Ibu IRMA WA : 081326314393 / PIN 7C92DBE8
     LeyehLeyeh_home.Spa (Facebook Luluran DiRumah)
     Special Pelayanan Perawatan Pasca Melahirkan - KHUSUS KOTA SEMARANG


Tidak ada komentar: